HUBUNGAN MINAT MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK SWASTA SWAKARYA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Jepri Arizal Balai Diklat Keagamaan Medan
  • Sintia Ramadhani STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no2.102

Abstract

The Relationship between Reading Interest and Short Story Writing Ability by Grade XI Students of Swakarya Binjai Vocational School for the 2020/2021 Academic Year. This study aims to determine the correlation between interest in reading and the ability to write short stories by class XI students of SMK Swakarya Binjai for the 2020/2021 academic year. The sample of this research was class XI AK totaling 19 people. This type of research is quantitative with a correlation (relationship) between one variable and another. Based on the results of data analysis, it can be concluded that there is a relationship between reading interest and the ability to write short stories for class XI students of Swakarya Binjai Vocational School for the 2020/2021 academic year as indicated by the value of rcount > rtable, namely 0.977 > 0.368.

References

Ariani, Septi Ria. 2013. “Hubungan Minat Baca Dan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Kelas X SMAN 4 Bandarlampung 2012/2013”. Jurnal Kata Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Vol 1 (1): hal. 1-10.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

______. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo.

Erwin. 2014. Hubungan Antara Minat Membaca Karya Sastra Dengan Kemampuan Menulis Cerpen. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.

Febrina, Liga. 2017. “Pengaruh Minat Baca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang”. Jurnal Menara Ilmu. Vol. 11 (74): hal. 113-124.

Hamijaya, Nunu A. dkk. Quick Reading: Melejitkan DNA Membaca. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Harjanto, Bob. 2011. Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books.

Harsiati, Titik dkk. 2016. Bahasa Indonesia - Studi dan Pengajaran. Jakarta: Kemdikbud.

Hernowo. 2004. Mengikat Makna: Untuk Remaja. Bandung: Mizan Learning Center.

Laksono, Kisyani dkk. 2017. Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbud.

Naim. Ngainun. 2013. The Power of Reading. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Nurgiantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Prasetyo, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Jogjakarta.

Priajana, Nana. 2013. “Student Teachers Reading Habits and Preferences”. Journal on English as a Foreign Language. Vol. 3 (2): hal. 71-76.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins, Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sayuti, Suminto. 2009. Modul Menulis Fiksi. Yogyakarta: FBS UNY.

Sudarsana dan Bastiano. 2010. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudarsana, Undang dan Bastiano. 2010. Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kemdikbud.

Sujarweni, Wiratna. 2019. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Peneltian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. 2014. Statiska Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2017. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-11-22

Issue

Section

Articles