Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi

Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Authors

  • Mai Mailin UINSU Medan

DOI:

https://doi.org/10.54583/apic.vol4.no1.59

Keywords:

Kurikulum, Merdeka, Belajar

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian lapangan terkait pengembangan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana konsep dasar pengembangan kurikulum di perguruan tinggi dan bagaimana pengembangan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah  Toeri Merdeka Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum di perguruan Tinggi merupakan sebuah keharusan, ditengah perkembangan teknologi, dan kemajuan dunia industri, serta tuntutan kerja.

References

Alhamuddin, Politik kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak aman Kemerdekaan hingga Reformasi (1947-2013), Jakarta: Prenada Media 2019;

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013 Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2004;

Daniel Tanner & LaurelTanner, Curriculum Development: The ory into Practice, New York: Maccmillan Publishing Co, Inc. 1975 Hidayat, Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru Bandung: PT Rosdakarya Offset, 2013;

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikuum: Teori dan Praktik, Yogyakarta: AR- Ruzz Media, 2016;

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT remaja Rosdakarya, 2012;

Nugiyanto, Burhan, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: BPFEE, 1988;

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012;

RISTEKDIKTI, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Dokumen 001, Dairektorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Reublik Indonesia, 2015;

RISTEKDIKTI, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Era Industri, Direktorat Pembelajaran dan Kamahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2019;

Direktorat Pendididikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI., Panduan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, 2020;

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3879 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembelajaran dan Penilaian di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam;

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 706 Tahun 2018 tentang Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu Pada KKNI dan SN-Dikti. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan;

Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;

Syaodih, Nana Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles